Rumah

Cara Mudah Mendapatkan Kredit Rumah

Mendapatkan rumah dengan cara melakukan kredit rumah adalah salah satu pilihan cara untuk mempunyai tempat tinggal sendiri.

Kredit rumah berarti mengadakan perjanjian hutang dengan pihak perbankan sebagai pemberi dana untuk membeli atau membangun rumah. Biasanya kredit ini merupakan kredit jangka panjang yang bisa memakan waktu sampai limabelas atau duapuluh tahun.

Karena kurang info yang memadai, banyak anggota masyarakat yang berpendapat bila prosedur untuk mengajukan kredit rumah di bank itu sulit, bahkan berbelit-belit. Pihak perbankan sendiri sebenarnya juga tidak mau bila hal tersebut terus terjadi. Namun mereka juga harus lebih teliti agar kredit yang mereka kucurkan nanti bisa lancar pengembaliannya.

Tips Agar Pengajuan Kredit Rumah Disetujui Bank

Meski harus melalai banyak prosedur yang kadang merepotkan, namun untuk mendapatkan kredit rumah dari bank kita tidak boleh putus asa begitu saja. Sebenarnya bila kita mengetahui langkah yang harus ditempuh, maka pandangan bila mengajukan kredit itu sulit akan segera berubah menjadi sebaliknya.

Agar kredit rumah yang kita ajukan menjadi mudah dan cepat disetujui oleh bank, maka bisa mengikuti langkah berikut ini :

1. Ketika membuat pengajuan kredit, jangan ditujukan hanya kepada satu bank saja. Sebaiknya pengajuan disampakan kepada beberapa bank sekaligus. Ini untuk berjaga-jaga bila salah satu bank menolak pengajuan kredit, kita masih bisa mengharapkan dari bank lain yang mungkin mau menyetujuinya. Selain itu, juga bisa mempersingkat waktu.

2. Sebaiknya ambil kredit yang pengembaliannya memakai jangka waktu maksimal seperti limabelas atau duapuluh tahun.

Karena untuk kredit properti, pihak bank memang lebih suka menggunakan jangka waktu pengembalian yang panjang. Selain itu, agar nantinya tidak merepotkan keuangan kita.

3. Bila Anda adalah seorang karyawan, bila menerima pembayaran gaji jangan diambil untuk belanja terlebih dahulu.

Lebih baik masukkan dulu ke rekening tabungan, baru kemudian diambil lagi bila mau diperlukan. Karena selain melihat slip gaji sebagai bukti, pihak bank juga akan mengecek rekening tabungan bank Anda sebagai bahan perbandingan dan pertimbangan.

4. Jika Anda bukan karyawan atau wiraswata, bila melakukan pembelian suatu barang, nota pembelian yang ada jangan langsung dibuang.

Namun simpanlah karena bisa dijadikan bukti untuk menunjukan kelancaran usaha yang sedang Anda jalankan.

5. Agar pihak bank lebih percaya kepada Anda, bayarlah kredit hutang di tempat lain dengan lancar dan jangan sekalipun ditunda, apalagi sampai mendapat surat peringatan.

Dengan sistem yang dimiliki, pihak bank dengan mudah akan mendapat info mengenai kredibilitas Anda dalam membayar angsuran kredit.

6. Ketika mau mengajukan kredit rumah, pertimbangkan jumlah yang harus diangsur setiap bulannya. Usahakan agar angsuran tersebut tidak lebih dari tigapuluh persen dari total penghasilan Anda setiap bulan.

Menurut para ahli keuangan, bila hutang yang harus dibayar melebihi angka itu. Maka kondisi keuangan Anda akan menjadi kacau. Akibatnya justru kredit tidak bisa dibayar. Maka kepercayaan dari bank bisa menurun. Selanjutnya akan sulit bagi Anda bila ingin mengajukan kredit lagi.

Semoga info ini punya manfaat bagi yang ingin mempunyai tempat tinggal dengan cara melakukan kredit rumah pada bank.

Related Posts
Hati-Hati Mengurus Over Kredit Rumah

Anda ingin tahu mengenai over kredit rumah? Ilustrasi mudahnya begini: Pak Udin sungguh kebingungan dan merasa putus asa setelah pulang Read more

Kredit Rumah BTN, Solusi Cerdas Memiliki Hunian

Kredit rumah BTN banyak dilakukan oleh keluarga baru yang belum memilki rumah tinggal. Rumah adalah bagian dari kebutuhan pokok keluarga. Read more

Over Kredit Rumah Murah

Memiliki rumah merupakan impian bagi setiap keluarga. Rumah bukan hanya tempat berteduh dari hujan dan panas, melainkan juga tempat melepaskan Read more

Syarat Kredit Rumah Bank Mandiri

Kredit rumah bank mandiri adalah salah satu program pelayanan yang diberikan oleh Bank Mandiri pada masyarakat. Program ini bertujuan untuk Read more