ARSITEKTUR BLOG DESAIN Rumah

Desain Interior Dapur dan Ruang Makan

Pada zaman dahulu kala, dapur hanya memiliki fungsi sebagai tempat memasak dan menyimpan bahan-bahan masakan. Tetapi seiring perkembangan rumah minimalis modern, berbagai developer perumahan sengaja membuat dapur dan ruang makan menyatu sehingga akan menjadi serasi dengan tema rumah minimalis yang diusung. Tetapi dalam mendesain dapur dan ruang makan tersebut, anda harus merencanakannya secara matang.

Jika sering kali kita berkumpul dengan keluarga pada ruang keluarga, dapur dan ruang tamu tersebut dapat juga di buat tempat sarana berkumpul bersama keluarga sambil menikmati santapan pada meja makan. Tentunya banyak faktor yang harus diperhatikan agar desain dapur dan ruang tamu yang diinginkan bisa terealisasikan, salah satunya adalah interior dapur dan ruang tamu.

Dalam penataan interior dapur, sebaiknya letakan interior yang multifungsi, seperti lemari yang dapat dipakai menyimpan bahan makanan serta alat dapur, atau bisa juga menambhkan kulkas. Kalau bisa, lemari dibuat menempel pada dinding dapur, sehingga akan terlihat ringkas.

Selain itu faktor lain yang wajib anda perhatikan adalah kebersihan dapur. Pastinya anda tidak ingin bukan ketika sedang menyantap hidangan di ruang makan yang berdekatan dengan dapur rumah minimalis yang kotor. Bisa anda bayangkan bagaimana jadinya, bisa-bisa anda langsung kehilangan selera makan. Dapur yang kotor pastinya juga akan menimpan banyak kuman-kuman yang dapat mengangu kesehatanan anda.

Interior lainnya yang harus dimiliki adalah meja makan lengkap dengan kursi yang diletakan pada ruang makan. Jika dirasa dapur dan ruang makan anda berukuran kecil, anda dapat meletakan meja dengan ukuran yang kecil sehingga ruangan tidak akan sesak karena meja makan yang memiliki ukuran terlalu besar. Selain itu hindari meletakan perlatan dapur seenaknya. Buatlah sebuah lemari khusus untuk meyimpan peralatan dapur sehingga walalupun ruangan tidak terlalu luas, tetap tidak terasa sempit.

Selanjutnya adalah pemilihan warna cat. Umumnya dapur memiliki warna cat yang cerah, tetapi tidak ada salahnya juga jika anda ingin mencoba warna cat gelap dengan catatan pencahayaan lampu haruslah memadai sehingga ketika anda sedang memasak dimala hari dapur dan ruang tamu akan tetap terlihat terang. Warna cat dapur gelap ini juga sering digunakan pada desain dapur dan ruang makan modern.