Rumah

Over Kredit Rumah Murah

Memiliki rumah merupakan impian bagi setiap keluarga. Rumah bukan hanya tempat berteduh dari hujan dan panas, melainkan juga tempat melepaskan lelah, tempat berkumpul serta tempat berbagi cinta dan cerita antar anggota keluarga.

Namun, seiring dengan kenaikan harga tanah dan bangunan, memiliki rumah dengan uang kontan bak impian semata. Kredit pemilikan rumah dan over kredit rumah murah pun menjadi alternatif bagi para keluarga untuk meraih rumah idaman.

Over Kredit

Over kredit merupakan pengalihan atau pemindahan kredit dari pihak peminjam (debitur) pertama ke debitur berikutnya. Pemindahan ini disebabkan ketidakmampuan debitur pertama untuk melunasi hutangnya. Over kredit umumnya berupa rumah, mobil, serta jenis kendaraan dan jenis properti lainnya.

Contoh over kredit rumah:
Pak A telah membeli rumah dengan KPR selama 15 tahun. Karena di-PHK pada tahun ke-10 ia kesulitan dana dan memutuskan untuk melakukan over kredit. Setelah berdiskusi dengan bank tempat ia mengambil KPR, Pak A akan berhenti mencicil pada bulan n+1, n merupakan bulan dimana debitur kedua telah sepakat dan melakukan transaksi over kredit dengan Pak A.

Metode Over Kredit Rumah

Secara umum ada dua garis besar metode over kredit rumah. Pertama, debitur kedua membayar harga yang ditawarkan oleh debitur pertama, kemudian ia melanjutkan cicilan debitur pertama hingga lunas. Metode kedua yakni debitur kedua membayar harga yang ditawarkan debitur pertama ditambah sisa cicilan, kemudian tugas debitur pertama yang membayar hingga lunas cicilan tersebut ke bank.

Dari kedua metode tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan metode pertama, Anda bisa alihkan cicilan ke bank lain yang memiliki suka bunga lebih rendah. Nilai lebih metode kedua, Anda tidak repot-repot mengurus cicilan, lebih praktis.

Namun, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode tersebut Anda perlu melakukan survei terhadap tingkat bunga KPR tiap-tiap bank dan prosedur pengajuan pindah kredit; nilai rumah dan kondisi rumah yang akan dibeli; dan membandingkan total dana yang dikucurkan apabila menggunakan metode pertama atau kedua.

Cara Mendapatkan Over Kredit Rumah Murah

Untuk mendapatkan over kredit rumah murah, Anda harus lebih banyak berusaha menggali informasi. Informasi penawaran over kredit rumah murah bisa didapat dari situs penjualan rumah yang sekarang banyak tersedia, seperti rumah.com. informasi juga bisa Anda peroleh di agen pemasaran perumahan dan bank yang menawarkan kredit pemilikan rumah.

Namun dengan semakin tingginya harga properti, over kredit rumah murah sulit Anda dapatkan di daerah pusat kota seperti Jakarta atau Surabaya, melainkan di pinggiran kota seperti kawasan Tangerang, Depok, Cibinong, dan Bekasi Timur. Jika kantor Anda berada di dekat kawasan tersebut tentu bukan masalah.

Namun, jika biaya transportasi yang Anda kucurkan tiap hari cukup tinggi, over kredit rumah murah perlu dipikirkan lagi. Siapa tahu setelah dihitung-hitung dengan transportasi dan kondisi rumah, KPR rumah baru atau over kredit dengan harga yang lebih tinggi lebih menguntungkan daripada over kredit rumah murah.

Jadi pikirkan masak-masak sebelum mengambil over kredit rumah murah.