MATERIAL

Semen Mortar dan Batu Bata Ringan : Solusi Tepat untuk Menghemat Pembangunan Rumah

Untuk menghemat proses membangun rumah, Anda dapat menggunakan bahan instan berkualitas unggul. Untuk itu Anda perlu kiat menggunakan semen mortar dan bata ringan untuk bangunan sehingga Anda bisa menerapkannya dengan benar dan tepat. Jika Anda bisa menerapkannya dengan baik, maka bangunan itu akan kuat dan tahan lama.

Mortar semen dan bata ringan bisa dikatakan komposisi bahan bangunan yang unggul. Selain mudah dipasang, bahan ini sudah memiliki komposisi bahan yang tepat, Anda hanya perlu mencampurnya dengan sedikit air. Namun saat mengaplikasikannya, Anda perlu memperhatikan tips menggunakan semen mortar dan bata ringan agar cocok dan sesuai dengan keinginan anda.

Beberapa Tips Pembangunan Menggunakan Semen Mortar dan Batu Bata Ringan

Mortar adalah bahan semen instan yang sudah memiliki komposisi lengkap. Dengan begitu Anda tidak perlu mencampurnya lagi dengan bahan lain seperti pasir atau yang lainnya sehingga akan lebih praktis dan cepat dalam penggunaannya. Anda hanya perlu mencampur mortar dengan komposisi air yang tepat. Komposisi ideal untuk air dan mortar adalah 1: 2. Pastikan campurannya kental dan tidak cair.

Untuk dapat mempertahankan kualitas batu bata ringan agar tidak mudah retak dan tetap kokoh maka diperlukan kelembaban yang tepat. Untuk menjaga kelembaban ini, Anda harus merendam bata ringan terlebih dahulu di dalam tangki yang sudah diisi dengan air. Metode ini akan membuat kualitas bata ringan anda menjadi lebih baik dan lebih mudah dalam hal pemasangan. Dengan begitu bahan bangunan akan tetap terjamin kualitasnya.

Saat memasang batu bata,  anda disarankan untuk memperhatikan ketebalan semen yang digunakan terlebih dahulu. Ketebalan semen yang disarankan harus tidak melebihi 1-3 mm. Penggunaan semen yang berlebihan akan membuat semen jatuh sia-sia selama proses pengeringan. Kondisi ini dapat membuat dinding menjadi tidak rata. Ini akan menyulitkan saat proses plesteran nanti. Untuk itu, maka perhatikan ketebalan semen yang tepat terlebih dahulu.

Untuk menyederhanakan proses instalasi nanti, Anda harus terlebih dahulu membuat pedoman. Garis ini dibuat sebagai pengikat antara lapisan bata ringan agar tetap kokoh saat proses instalasi. Ada begitu banyak cara untuk menetapkan pedoman yang bisa Anda tiru, tetapi sebagian besar yang sering digunakan adalah setengah bata. Di mana garis ditempatkan di posisi tengah batu.

Setelah proses pemasangan selesai, selanjutnya Anda harus menunggu beberapa saat agar semen benar-benar kering sebelum memulai proses plesteran. Sehari sebelum plesteran, basahi dinding terlebih dahulu. Ketika Anda ingin memulai proses plesteran, maka Anda juga harus membasahi permukaan dinding terlebih dahulu, kemudian memulai proses plesteran.

Selanjutnya adalah anda harus menggunakan air. Air merupakan komponen penting untuk meningkatkan kekuatan semen instan dan menjaga proses plesteran dilakukan dengan benar. Basahi dinding sekali sehari selama sekitar 3 hari. Proses ini penting dilakukan agar dinding tidak mudah retak dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Beberapa hal tersebut adalah tips untuk menggunakan semen dan bata ringan yang tepat untuk membuat bangunan. Dengan panduan ini, maka Anda dapat lebih memperhatikan proses instalasi sehingga hasilnya dapat memuaskan dan hemat. Selain itu sebaiknya jangan memasang bahan bangunan dengan tergesa-gesa, karena akan butuh waktu yang cukup lama untuk memastikan kualitas agar tetap kokoh dan tidak mudah rusak setelah bangunan selesai.

Related Posts
Review Mortar PLASTERMAX MONAS – 238

Bila anda mencari bahan plester yang memiliki kualitas terbaik, Mortar Nasional PLASTERMAX MONAS - 238 adalah produk yang cocok untuk Read more

Furniture dan Kitchen Sets

Furnitur rumah akan sangat mendukung bentuk dari interior itu sendiri di sini kita menawarkan pemesanan FURNITURE kursi, almari , meja, Read more

Kelebihan Mortar Acian Beton SuperSkimcrete SP – 301

Mortar Acian Beton SuperSkimcrete SP - 301 adalah sebuah bahan acian beton. Acian beton ini diformulasikan guna untuk pekerjaan untuk Read more

3 ALASAN UNTUK MEMBANGUN PAGAR BESI TEMPA

Membangun pagar di sekitar rumah Anda adalah cara yang fantastis untuk meningkatkan nilai properti, meningkatkan privasi, dan menjaga keluarga Anda Read more